khuzaifah hanum

share to others

Q&A Calon Anggota BAZNAS

leave a comment »

Pada tanggal 28 Oktober 2014 lalu, Kementerian Agama telah mengumumkan Pendaftaran Calon Anggota Badan Amil Zakat (BAZNAS). Pendaftaran Calon Anggota BAZNAS ini akan menyeleksi 8 (delapan) calon Anggota BAZNAS dari unsur masyarakat. Periode pendaftaran ini dilakukan selama 29 Oktober 2014 s.d. 10 November 2014. Berikut ini merupakan informasi tentang BAZNAS dan Anggota BAZNAS.

Tanya Jawab (Q&A) tentang Calon Anggota BAZNAS

1. Apa sih BAZNAS itu? 

BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional, merupakan lembaga non-struktural yang memiliki peran sebagai koordinator dan juga operator pengelola zakat nasional (bisa dilihat di UU 23/2011 dan PP 14/2014). Sebagai operator, BAZNAS melakukan penghimpunan dan penyaluran zakat. Sebagai koordinator, BAZNAS melakukan koordinasi dengan seluruh BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan LAZ. Dari koordinasi ini, BAZNAS menyusun laporan dan pertanggungjawaban pengelolaan zakat nasional.

Di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, ada BAZNAS provinsi yang dibentuk oleh Menteri Agama dan BAZNAS kabupaten/kota yang dibentuk oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI yang masing-masing pimpinannya diangkat oleh kepala daerah setelah mendapat pertimbangan dari BAZNAS. BAZNAS provinsi dan BAZNAS kabupaten/kota ini terpisah secara struktural dengan BAZNAS di pusat. Selain itu, masyarakat juga dapat membentuk Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang dikukuhkan oleh Menteri Agama RI. Pembentukan LAZ ini dapat dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari BAZNAS.

2. Seberapa besar potensi zakat? Realisasinya?!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Irfan Syauqi Beik di tahun 2011, potensi zakat yang dimiliki Indonesia mencapai 217 triliun rupiah per tahunnya atau setara dengan 3,4 persen GDP. Namun sayangnya, berdasarkan laporan zakat nasional yang disusun oleh BAZNAS, sampai dengan tahun 2012, zakat yang telah dihimpun oleh BAZNAS, BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan LAZ, baru mencapai 2,2 triliun rupiah.

3. Posisi dan Otoritas Anggota BAZNAS seperti apa?

Berdasarkan UU 23/2011, Anggota BAZNAS terdiri dari 11 (sebelas) orang, dengan 3 (tiga) orang dari unsur pemerintah dan 8 (delapan) orang dari unsur masyarakat. Anggota BAZNAS dari unsur masyarakat ini dipilih dan diusulkan oleh Menteri Agama RI. 11 Anggota BAZNAS ini akan memilih Ketua BAZNAS melalui mekanisme internal Anggota BAZNAS. Setelah dipilih oleh internal anggota, Ketua dan Anggota BAZNAS ditetapkan oleh Presiden RI untuk satu masa bakti tertentu.

Ketua dan Anggota BAZNAS memiliki kewenangan untuk menyusun Peraturan BAZNAS yang bersifat mengikat bagi seluruh pengelola zakat baik BAZNAS, BAZNAS provinsi, BAZNAS kabupaten/kota, dan LAZ. Peraturan BAZNAS ini ditujukan untuk mengatur tata kelola zakat nasional sesuai dengan amanat UU, PP, dan Keputusan Menteri Agama RI (KMA).

Berdasarkan UU dan PP, Peraturan BAZNAS ini meliputi tema: (1) tata kelola BAZNAS (pusat); (2) tata kelola BAZNAS (provinsi dan kabupaten/kota); (3) pertimbangan pengangkatan atau pemberhentian pimpinan BAZNAS provinsi dan BAZNAS kabupaten/kota serta rekomendasi izin pembentukan LAZ; dan (4) penyusunan hak keuangan anggota BAZNAS, pimpinan BAZNAS provinsi, dan pimpinan BAZNAS kabupaten/kota.

Dalam pelaksanaannya, Anggota BAZNAS akan dibantu oleh Sekretariat yang dibentuk oleh Menteri Agama RI. Sekretariat BAZNAS akan membantu Ketua dan Anggota BAZNAS dalam menjalankan tugas yang bersifat administratif. Selain itu, Anggota BAZNAS, dengan Peraturan BAZNAS, dapat membentuk Unit Pelaksana untuk membantu pelaksanaan tugas yang bersifat teknis.

Hak keuangan Anggota dan Sekretariat BAZNAS berasal dari APBN. Sedangkan hak keuangan Unit Pelaksana BAZNAS berasal dari Hak Amil, yaitu alokasi dari dana zakat yang dihimpun BAZNAS (pusat).

Lampiran

  1. Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota BAZNAS
  2. Formulir Pendaftaran Calon Anggota BAZNAS

Catatan: Bila ada tambahan pertanyaan, silahkan ditanyakan di sini.

Written by hanumisme

October 29, 2014 at 8:54 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: