khuzaifah hanum

share to others

Pemikir Mandiri

with 5 comments

Uraian artikel ini sekedar sebuah narasi klasifikatif dari kecenderungan kepribadian saya. Seperti tes psikologi lainnya, kapasitasnya hanya sekedar menerka-nerka dari uji sampling yang dilakukan. Tapi, lumayan juga untuk sekedar menghibur diri, merefleksikan karakter dari perspektif orang lain. Selamat membaca..

Tipe Pemikir Mandiri adalah orang-orang yang analitis dan jenaka. Mereka biasanya percaya diri dan tidak membiarkan diri terganggu oleh konflik dan kritik. Mereka sangat sadar akan kekuatan mereka sendiri dan tidak ragu akan kemampuan mereka. Orang-orang bertipe kepribadian ini biasanya sangat sukses dalam karir karena mereka memiliki baik kompetensi maupun tekad. Tipe Pemikir Mandiri adalah ahli strategi ulung; logika, sistematika, dan pertimbangan teoritis adalah dunia mereka. (....) Mereka haus pengetahuan dan selalu berusaha mengembangkan dan menyempurnakan pengetahuan mereka di bidang mana pun yang menarik minat mereka. Berpikir abstrak adalah kemampuan alami bagi mereka; ilmuwan dan spesialis komputer biasanya dari tipe ini.

Tipe Pemikir Mandiri adalah spesialis pada bidang mereka. (....) Pengembangan ide dan visi penting bagi mereka; mereka senang bersikap seluwes mungkin dan, idealnya, senang bisa bekerja sendiri karena mereka sering merasa tersiksa harus menjelaskan runutan pemikiran mereka yang kompleks kepada orang lain. Tipe Pemikir Mandiri tidak tahan dengan rutinitas. Begitu mereka menganggap sebuah ide bagus, sulit membuat mereka menyerah; mereka mengejar pelaksanaan ide itu dengan keras kepala dan gigih, sekalipun ada perlawanan dari luar. (....)

Pemikir Mandiri bukan tipe yang mudah keluar dari cangkangnya. Membicarakan kehidupan emosional juga bukan salah satu kekuatan mereka. (....) Lagipula, hubungan sosial tidak terlalu penting bagi mereka; mereka sudah puas hanya dengan beberapa teman dekat yang dianggap mudah untuk berbagi dunia cendekia mereka. Mereka sulit membuat hubungan-hubungan baru.

Dalam asmara, mereka membutuhkan banyak ruang dan kemandirian namun ini bukan berarti pasangan mereka tidak penting bagi mereka. Tipe Pemikir Mandiri biasanya memberi kesan dingin dan pendiam bagi orang lain; namun kesan ini menipu: mereka tidak tahan jika orang-orang yang dekat dengan mereka menolak mereka. Mereka lebih suka hubungan harmonis yang seimbang dengan pasangan yang memiliki minat serupa dan yang dengannya mereka dapat mewujudkan visi-visi mereka. (....)

Sifat-sifat yang menggambarkan tipe ini: introvert, teoritis, logis, penuh perencanaan, rasional, mandiri, cendekia, percaya diri, analitis, terstruktur, gigih, jenaka, penuh tekad, mengritik diri sendiri, visioner, inventif, tidak mudah bergaul, pendiam, tidak suka mengikuti aturan, tidak banyak bicara, jujur, menuntut, pekerja keras. (....)

yah, lumayan deh, buat jadi referensi karakter.. (....)
mau coba, di sini ni:
http://www.ipersonic.com/id/

selamat mencoba.. (....)

Written by hanumisme

October 19, 2009 at 2:20 am

Posted in jejak hari

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. hmmm…
    Pertama, ternyata Ang memberikan inspirasi yah tentang cara penulisan hasil tes kepribadian ini dengan menggunakan gambar-gambar animasi? (hahaahahah!!!! Akhirnya Kak Hanum belajar dari Ang!!)..

    Kedua, pemikir mandiri itu ternyata emang Kak Hanum banget.. banget!^^’.. khusunya pada kalimat ini:
    “..tidak membiarkan diri terganggu oleh konflik dan kritik.” dan “senang bisa bekerja sendiri karena mereka sering merasa tersiksa harus menjelaskan runutan pemikiran mereka yang kompleks kepada orang lain”

    Ang

    October 19, 2009 at 2:48 am

  2. aslm.
    membuat ana membayangkan klo emoticon2 di atas diganti sama mukanya ka hanum beneran… ^^ v

    rona khatulistiwa

    October 19, 2009 at 9:20 am

  3. hahahaaaa
    kak hanum banget ini mah,,,,
    wah jangan2 sengaja yang dipost di blognya kak hanum tipe pemikir ini karena mirip sama kak hanum,,,,
    cie cie kak hanum tipe pemikir mandiri,,,,

    agpenuhcinta

    October 21, 2009 at 2:31 am

  4. Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

    FSI Ranger’s,
    Ni blog baru FSI,,,,

    tolong di Link,, mampir2 dan tinggal kan jejak yaa,,

    FSi,,,ii,,uaa,,ii,,uaa,,,UAAAAAAAAAA!

    fsifisip

    October 25, 2009 at 5:11 am

  5. masih nggak ya? ;p

    Nesya

    March 22, 2011 at 12:55 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: